Jumat, 13 Juli 2012

Kelumpuhan

Fisiologi dan patofisiologi
Setiap serabut otot yang mengatur gerakan disadari melalui dua kombinasi sel saraf , salah satunya terdapat pada korteks motorik, serabut – serabutnya berada tepat pada traktus piramida yaitu penyilangan traktus piramida, dan serat lainnya berada pada ujung anterior medula spinalis, serat – seratnya berjalan menuju otot.
Yang pertama disebut sebagai neuron motorik atas ( upper motor neuron ) dan yang
terakhir disebut neuron motorik batah ( lower motor neuron ). Setiap saraf motorik yang menggerakkan setiap otot merupakan komposisi gabungan ribuan saraf – saraf motorik bawah.
Jaras motorik dari otot ke medula spinalis dan juga dari serebrum ke batang otak dibentuk oleh UMN. UMN mulai di dalam korteks pada sisi yang berlawanan di otak, menurun melalui kapsul internal, menyilang ke sisi berlawanan di dalam batang otak, menurun melalui traktus kortikospinal dan ujungnya berakhir pada sinaps LMN. LMN menerima impuls di bagian ujung saraf posterior dan berjalan menuju sambungan mioneural. Berbeda dengan UMN, LMN berakhir di dalam otot.

Ciri – ciri klinik pada lesi di UMN dan LMN adalah :
UMN    : kehilangan kontrol volunter, peningkatan tonus otot, spastisitas otot, tidak ada atropi otot, reflek hiperaktif dan abnormal.
LMN    : kehilangan kontrol volunter, penurunan tonus otot, paralysis flaksid otot, atropi otot, tidak ada atau penurunan reflek.

Rangkaian sel saraf berjalan dari otak melalui batang otak keluar menuju otot yang disebut motor pathway. Fungsi otot yang normal membutuhkan hubungan yang lengkap disepanjang semua motor pathway. Adanya kerusakan pada ujungnya menurunkan kemampuan otak untuk mengontrol pergerakan – pergerakan otot.
Hal ini menurunkan efesiensi disebabkan kelemahan, juga disebut paresis. Kehilangan hubungan yang komplit menghalangi adanya keinginan untuk bergerak lebih banyak. Ketiadaan kontrol ini disebut paralisis. Batas antara kelemahan dan paralisis tidak absolut. Keadaan yang menyebabkan kelemahan mungkin berkembang menjadi kelumpuhan. Pada tangan yang lain, kekuatan mungkin memperbaiki lumpuhnya anggota badan. Regenerasi saraf untuk tumbuh kembali melalui satu jalan yang mana kekuatan dapat kembali untuk otot yang lumpuh. Paralisis lebih banyak disebabkan perubahan sifat otot. Lumpuh otot mungkin mebuat ototo lemah, lembek dan tanpa kesehatan yang cukup, atau mungkin kejang, mengetat, dan tanpa sifat yang normal ketika otot digerakkan.

Tipe paralisis :
  1. monoplegia yaitu hanya mengenai satu anggota badan
  2. diplegia yaitu mengenai bagian badan yang sama pada kedua sisi badan, contohnya : kedua lengan atau kedua sisi wajah
  3. hemiplegia yaitu mengenai satu sisi badan atau separuh badan
  4. quadriplegia yaitu mengenai semua keempat anggota badan dan batang tubuh

Penyebab kelumpuhan
Kerusakan saraf yang dapat menyebabkan paralisis mungkin di dalam otak atau batang otak ( pusat sistem saraf ) atau mungkin di luar batang otak ( sistem saraf perifer ). Lebih sering penyebab kerusakan pada otak adalah  stroke, tumor, truma ( disebabkan jatuh atau pukulan ), multiple sclerosis ( penyakit yang merusak bungkus pelindung yang menutupi sel saraf ), serebral palsy ( keadaan yang disebabkan injuri pada otak yang terjadi sesaat setelah lahir ), gangguan metabolik ( gangguan dalam penghambatan kemampuan tubuh untuk mempertahankannya ).
Kerusakan pada batang otak lebih sering disebabkan trauma, seperti jatuh atau kecelakaan mobil. Kondisi lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan saraf dalam atau dengan segera berdekatan pada tulang belakang termasuk : tumor, herniasi sendi ( juga disebut ruptur sendi ), spondilosis, rematoid artrirtis pada tulang belakang atau multiple sklerosis.
Kerusakan pada saraf tepi mungkin disebabkan trauma, carpal tunel sindrom, Gullain Barre Syndrom, radiasi, toksin atau racun, CIDP, penyakit dimielinisasi.

Tanda dan gejala
Distribusi paralisis memberikan syarat yang penting untuk bagian saraf yang rusak. Hemiplegia disebabkan kerusakan otak pada sisi berlawanan dengan paralysis, biasanya dari stroke. Paraplegia terjadi setelah injuri pada bagian bawah batang otak , dan quadriplegia terjadi setelah kerusakan bagian atas batang otak pada tingkat bahu atau lebih tinggi ( saraf yang mengontrol lengan sejajar tulang belakang ). Diplegia biasanya mengindikasikan kerusakan otak, lebih sering karena serebral palsy. Monoplegia mungkin disebabkan pemisahan kerusakan diantara system saraf pusat atau saraf perifer. Kelemahan atau paralysis hanya dapat terjadi pada lengan dan kaki dapat mengindikasikan penyakit diemelinisasi.
Gejala berfluktuasi dalam membedakan bagian tubuh mungkin disebabkan multiple sclerosis. Kejadian paralysis lebih sering disebabkan injuri atau stroke. Penjalaran paralysis mengindikasikan penyakit degeneratif, penyakit infeski seperti  GBS atau CIDP, gangguan metabolisme . Gejala lain yang sering menyertai paralisis termasuk mati rasa dan perasaan
kesemutan, nyeri, perubahan penglihatan , kesulitan berbicara,atau masalah dengan keseimbangan. Cedera pada batang otak sering menyebabkan menurunnya fungsi kandung kemih, BAB dan organ sex. Injuri diatas batang otak dapat menyebabkan kesulitan dalam bernafas.
Kelainan pada saraf bisa berupa kelainan pada:
1.      Korteks Cerebri: cirinya terjadi gangguan fungsi luhur yaitu gangguan dalam berbahasa, gangguan fraksi, dan gangguan genosis.
2.      Capsula Interna: terdapat nervus VII dan XII yang bersifat kontralateral. bila ada kelainan maka menyebabkan lesi pada otot-otot bicara yang mengakibatkan bicara pelo.
3.      Medulla Spinalis: bila lesi setinggi cervical terjadi kelumpuhan tangan dan kaki, bila lesi setinggi thorakal terjadi kelumpuhan tungkai, bila lesi setinggi lumbosakral terjadi kelumpuhan hanya tungkai. Perbedaan lesi pada thorakal dan lumbosakral yaitu pada letak lesi motoriknya. kalo pada thorakal di upper motorneuron, sedangkan pada lumbosakral di lower motorneuron.
4.      Batang otak: Lesi berupa kelumpuhan anggota gerak yang bersifat kontralateral (bila lumpuh pada sebelah kanan maa lesi pada saraf sebelah kiri)


Diagnosis
Memberikan perhatian dengan teliti pada pasien dengan ada riwayat dapat menunjukkan penyebab paralisis. Pemeriksaan akan melihat indikasi seperti jatuh atau trauma lainnya, terpapar dengan toksin, adanya infeksi atau pembedahan, sakit kepala yang tidak deterangkan, mengawali adanya penyakit metabolisme dan riwayat kelemahan atau kondisi neurologis lainnya. Pengkajian neurologis uji kekuatan, refleks, dan sensasi mempengaruhi lokasi dan lokasi yang normal.
Pemeriksaan termasuk CT Scans, MRI atau myelograpy dapat menyatakan bagian dari injuri. Electromyographi dan test kecepatan hantaran saraf adalah penampilan untuk uji fungsi otot dan saraf perifer.
(http://.www.healtoz.com/healthhatoz/Atoz/ency/paralysis.jsp.diambil pada tgl
13/2/2006 )

2.4. Penatalaksanaan
Penatalaksanaan paralisis hanya untuk menghilangkan penyebab utamanya. Penurunan fungsi disebabkan kelumpuhan dalam waktu lama dapat diatasi melalui program rehabilitasi. Rehabilitasi termasuk :
·         Terapi fisik : terapi fisik difokuskan pada pergerakan. Terapi fisik membantu mengembangkan cara untuk mengimbangi paralisis melalui penggunaan otot yang masih mempunyai fungsi normal, membantu mempertahankan dan membentuk adanya kekuatan dan mengontrol bekas yang dipengaruhinya pada otot dan membantu mempertahankan ROM dalam mempengaruhi anggota badan untuk mencegah otot dari pemendekan ( kontraktur ) dan terjadinya kecacatan. Jika pertumbuhan kembali saraf yang diharapkan, terapi fisik menggunakan retrain yang mempengaruhi anggota badan selama pemulihan. Terapi fisik juga menggunakan peralatan yang sesuai seperti penyangga badan dan kursi roda.
·         Terapi kerja ( occupational therapy ):  Fokus terapi kerjaa dalah pada aktivitas sehari – hari seperti makan dan mandi. Terapi kerja mengembangkan alat dan tehnik khusus yang mengijinkan perawatan sendiri dan jalan memberi kesan untuk memodifikasi rumah dan tempat kerja bahwa pasien dengan kelemahannya bisa hidup normal.
·         Terapi khusus lainnya : pasien membutuhkan pelayanan terapi pernafasan, konselor bagian rahabilitasi, pekerja sosial, nutrisi, berbicara, guru pengajar khusus, terapi rekreasi atau klinik.
(http://.www.healtoz.com/healthhatoz/Atoz/ency/paralysis.jsp.diambil pada tgl
13/2/2006

0 komentar:

Posting Komentar